Baru Berusia Setahun, MPP Pekanbaru Berhasil Mengembangkan Layanan Pada Dukcapil

 

Ojenews.com Pekanbaru Riau

Negeri Smart City Madani,-Genap sudah setahun usia Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru sejak diresmikannya beroperasi pada awal tahun 2019 silam, dan dalam usia yang baru satu tahun itu MPP juga telah mampu mengembangkan layanannya pada layanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil  (Dukcapil).  Layanan ini langsung diresmikan ole Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo, Rabu (12/3/20).

Terkait atas perihal itu dan dalam sambutannya Walikota Pekanbaru DR.H.Firdaus,MT  mengungkapkan bahwa jenis layanan yang ada di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru berjumlah sebanyak 32 layanan.Layanan yang telah tersedia ini dalam kondisi baik dan lancer hingga saat ini.

“Seperti yang dulu kami ungkapkan setahun lalau bahwa kami akan terus mengembangkan layanan ini dan ini kami buktikan bahwa hari ini bertambah lagi satu pelayanan yang terdapat di MPP, yakni layanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil,” ujarnya.

 

Dikatakan Wako Firdaus, Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru telah menjadi sebuah percontohan sebagai MPP terlengkap dan terbaik se-Indonesia, dan dengan status yang telah disandang itu pihaknya akan terus berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat Pekanbaru.

“Kami akan terus melakukan inofasi dan peningkatan dalam layanan terhadap masyarakat , dan kami akan memberikan layanan yang terbaik dan layanan ini nantinya akan dapat dirasakan langsung oleh warga Kota Pekanbaru,”sebutnya.

Kehadiran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menjadi suatu nilai yang tiada tara bagi Pemerintah Kota Pekanbaru. Kehadiran MENPAN-RB ini juga selain menghadiri acara milad pertama MPP Pekanbaru, sekaligus juga melakukan peresmian layanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

Dalam sambutannya di acara HUTl Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru dan peresmian perluasan MPP Kota Pekanbaru itu, MENPA-RB menyebutkan integrasi pelayanan dalam MPP bukan hal yang mudah karena membutuhkan koordinasi, komunikasi, dan komitmen pimpinan yang kuat.

 

MENPAN berharap, MPP Pekanbaru menjadi unit pelayanan yang tidak hanya mampu ditiru kabupaten/kota, tapi untuk seluruh daerah lain di Indonesia dan mampu melakukan berbagai inovasi dalam upaya memberikan layanan berkualitas dan mendorong investasi lokal dan internasional.

“Kecepatan dalam layanan menjadi salah satu pengukur tingkat keberhasilan dalam layanan dan harus memberi keleluasaan dan kecepatan layanan,” ujarnya.

Dikatakan MENPA Tjahjo, dengan telah diresmikan layanan Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) di MPP Pekanbaru  nantinya pelayanan terhadap masyarakat agar lebih ditingkatkan sehingga akan  tercapai pelayanan publik yang ramah, cepat dan nyaman.

Dalam acara turut hadir Wakil Gubernur Riau Edy Natar, Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB Diah Natalisa, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mu’min Wijaya, Konsul Malaysia Pekanbaru Wan Nurshima, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh, Kepala DPMPTSP Kota Pekanbaru Muhammad Jamil, Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan, Kebijakan, dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah I Kementerian PANRB Noviana Andrina, para anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta para tamu undangan lainnya.(dy)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Baru Berusia Setahun, MPP Pekanbaru Berhasil Mengembangkan Layanan Pada Dukcapil"