Bangun Karakter Kaum Muda Yang Mandiri dan Patriot Melalui Gerakan Pramuka

Ojenews.com.Rohil.Riau.

Negeri Seribu Kubah-Pelaksana tugas (Plt) Bupati Rokan Hilir (Rohil) Drs H Jamiludin mengharapkan gerakan Pramuka dapat terus memberikan kontribusi yang baik untuk pembangunan karakter baik bagi generasi muda.

Harapan itu dikemukan Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) ini pada acara Pembukaan Musyawarah Cabang (Muscab) V Kwartir Cabang (Kwarcab) 0410 Gerakan Pramuka Rokan Hilir (Rohil) Tahun 2018 dengan tema “Membangun Karakter Kaum Muda yang Mandiri dan Berjiwa Patriot”, di Gedung Serbaguna Bagansiapiapi, Kamis (7/6/2018).

“Kami mengucapkan selamat melaksanakan Muscab V Kwarcab Gerakan Pramuka Rohil. Dalam muscab akan memilih ketua Kwarcab yang akan dipilih secara musyawarah yang akan memimpin pramuka Rohil untuk lima tahun kedepan. Selaku ketua kwarcab yang terpilih nanti agar bisa merevitalisasi dengan mengoptimalkan tugas pokok gerakan pramuka,” kata Jamiludin.

Saat penting terangnya momen itu menjadi langkah agar menghasilkan pemikiran yang membawa generasi muda kelak akan tumbuh menjadi manusia yang berkarakter kuat, yang mampu mengajak dan mengerakkan lingkungannya untuk secara bergotong royong melakukan kemajuan di Negeri Seribu Kubah.  Menyiapkan kaum  muda berkarakter dan berbudi luhur. Akan mampu berkontribusi besar dalam pembangunan bangsa khususnya untuk membangun masyarakat.


Ia mengingatkan bahwa ketua Majelis Pembimbing Nasional telah merealisasikan antara lain mengedepankan pendidikan karakter yang berfungsi mengembangkan kemampuan dan bentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.  Pelaksanaan revitalisasi gerakan pramuka yang antara lain dalam upaya pemantapan organisasi gerakan pramuka telah menghasilkan terbitnya UU RI Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

“Menyelenggarakan pendidikan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia tersebut dengan mengunakan prinsip dasar dan metode kepramukaan,” katanya.

Patut disyukuri tambahnya bahwa jajaran Kwarcab Gerakan Pramuka Rohil secara konstisten telah melaksanakan berbagai program kerja yang bertujuan meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan kepramukaan di seluruh wilayah Rohil seperti melalui kegiatan perkemahan, latihan, perlombaan maupun kursus yang ditujukan bagi para pembina dan peserta didik.

Plt Bupati Rohil menegaskan hendaknya pasca kwarcab disusun pengurus secara proporsional dan profesional sehingga kwarcab Rohil bisa berdiri sejajar dengan organisasi lainnya baik di tingkat propinsi Riau bahka nasional.

“Sempena Muscab V Kwarcab Rohil saya berpesan angar dapat melaksanakan reformasi organisasi dan evaluasi program kerja secara menyeluruh.  Saya harap agar gerakan pramuka mampu mengambil peran secara nyata dalam merencanakan, mengelola dan ikut serta dalam mendukung pembangunan generasi muda di Rohil,” katanya.

Tak lupa kepada instansi terkait seperti Kodim Polres, Disdikbud, Dispar, para camat, kepsek, penghulu dan lainnya pihaknya meminta agar memberikan dukungan kongkrit kepada peserta didik dan pembina pramuka baik dalam hal pengalokasian anggaran serta memberikan bantuan fasilitas pendukung lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. (Jum)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Bangun Karakter Kaum Muda Yang Mandiri dan Patriot Melalui Gerakan Pramuka"