Balai Bahasa Riau Perkuat Kreativitas Kesastraan Guru dan Siswa

20160928_101100-jpgPekanbaru.Riau.Ojenews.com – Balai Bahasa Provisi Riau perkuat kreatifitas para guru dan
siswa tingkat SLTA. Bengkel sastra ini mengangkat tentang musikalisasi puisi. Persoalan tersebut diangkat guna menyamakan persepsi tentang musikalisasi puisi.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Riau, Drs. Umar Solikhan, M. Hum, Rabu (28/9) lalu mengatakan, peningkatan Kreativitas Kesastraan bagi Guru dan siswa SLTA dibidang musikalisasi ini sangat penting, untuk menyamakan pandangan.

Sehingga, setelah para guru dan siswa mendalaminya melalui Program balai bahasa, menjadikan mereka satu pandangan saja tentang musikalisasi. Artinya, seragam secara keseluruhan.

Menurut Umar, musilikalisasi dengan melibatkan guru agar pemahaman dan pengetahuan tentang musikalisasi dapat terus berkesinambungan. Sedangkan dengan siswa hanya sebatas saat mereka disekolah, dan tidak bisa
berkelanjutan seperti guru.

“Untuk guru, menjadi program jangka panjang, sedangkan dari siswa sebagai jangka pendek menularkan pemahaman tentang musikalisasi puisi dalam peningkatan kreatifitas,” ungkapnya.

Disampaikannya, peningkatan kreatifitas ini berlangsung selama empat hari dengan peserta utusan dari 11 sekolah.

Tujuan dari peningkatan kreatifitas ini, agar peserta memiliki pemahaman yang sama tentang musikalisasi puisi. Selama ini ada yang berbeda. Setelah dapat pemahaman yang sama, maka jangan adalagi perbedan.

Selain itu, melalui kegiatan tersebut dapat mengasah kemampuan mereka dan meningkatkan kreatifitasnya.

“Tingkatkan keterampilan itu begitu penting, karena setiap tahun dilakukan lomba musikalisasi, baik ditingkat regional sumatra, ataupun skala nasional, dengan adanya bekal, dari peningkatan kreatifitas, peserta bisa
lebih optimis menjadi yang terbaik,” jelasnya.

Umar juga menjelaskan, sasaran lain dari melibatkan siswa, supaya siswa miliki ketermpilan musikalisasi dan kompetensi. Dan untuk Guru, supaya mereka memiliki  pemahaman dan keterampilan untuk ditularkan kesiswa.
Sifatnya berkesinambungan.

Sangat diharapkan, para siswa yang sudah mendapatkan pemahman tentang musikalisasi puisi agar dapat disampaikan pula pada siswa lain.

Begitupula bagi guru, hendaknya senantiasa menyampaikannya pada siswa, sehingga mereka tetap satu pandangan tentang musikalisasi puisi dan meningkat kretifitasnya, harapkan Umar. (aa)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Balai Bahasa Riau Perkuat Kreativitas Kesastraan Guru dan Siswa"