Anggaran Minim Rehabilitasi Penderita Gangguan Kejiwaan Takmaksimal

Oranggila (orgil) tengah melenggang dijalanan

Ojenews.com.Rohil.Riau.

Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mengalami kendala dengan kecilnya anggaran yang tersedia untuk dapat optimal menjalankan program penanganan masalah sosial seperti rehabilitasi penderita gangguan jiwa, penanganan gelandangan pengemis dan lainnya.

Di Bagansiapiapi yang menjadi ibukota kabupaten saat ini ada beberapa penderita depresi yang berkeliaran di jalanan, berpotensi menganggu kenyamanan warga. Ada yang terlihat berpakaian sangat minim selain itu ada pula yang selalu membawa potongan kayu.

“Memang kalau tidak ditangani bisa berbahaya, saat ini cukup banyak yang berkeliaran di jalanan. Tapi untuk menangani itu diperlukan anggaran yang besar,” kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Rohil, Dr HM Junaidi Saleh MKes, Selasa (21/3/2017) di Bagansiapiapi.

Program yang ada di dinas sebut Junaidi mencakup hal yang kompleks dalam penangangan masalah sosial, pasalnya dinas ini memang berkaitan dengan banyak hal. Bahkan mulai dari lahir terangnya sampai meninggalpun ada program yang berkaitan dengan dinas sosial. Menyadari strategisnya tugas dan fungsi dinas maka seharusnya ditopang dengan anggaran yang besar.

“Namun saat ini kondisi di daerah memang masih mengalami desifit anggaran sehingga belum bisa maksimal, tapi kami tetap upayakan untuk bekerja berdasarkan skala prioritas dengan anggaran yang ada sedapat mungkin untuk berbuat,” kata Junaidi.

Upaya memberikan perhatian terhadap warga penderita gangguan jiwa atau depresi telah dijalankan dengan efektif pada tahun ini, sudah ada lima warga yang mendapatkan bantuan untuk rehabilitasi.

Begitu pula dengan orang depresi yang berkeliaran di jalan, dinas sosial akan mengambil tindakan penanganan sesuai dengan yang diperlukan nantinya. “Mungkin akan dipilah terlebih dahulu, direncanakan mana yang prioritas seperti yang sering mengamuk atau menganggu warga itu yang akan ditangani lebih dulu,” janji mantan Dadiskes Rohil itu.
Penulis : jum/auz.

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Anggaran Minim Rehabilitasi Penderita Gangguan Kejiwaan Takmaksimal"