Anggaran Minim, Diskes Prioritas Kegiatan Non Fisik

Tidak ada komentar 124 views

(Foto Ilustrasi) Pembangunan Fisik

Ojenews.com.Rohil.Riau.

Bagansiapiapi-Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mengaku tidak melaksanakan program fisik tahun 2017 dan hanya fokus pada kegiatan non fisik. Hal ini terkait dengan minimnya anggaran pemerintah daerah.

“Dalam 100 hari kerja saya, kita hanya fokus pada kegiatan yang bersifat program, sedangkan kegiatan fisik dilaksanakan pusat langsung melalui Dana Alokasi Khusus (DAK),” kata Kepala Dinas Kesehatan Rohil, Hj Dahniar Mkes, Jumat (31/3/2017) di Bagansiapiapi.

Dengan kondisi defisit ini lanjutnya, dinas terkait harus mampu mengambil peluang jemput bola ke pusat, sehingga kegiatan dapat terus berjalan.

“Ada beberapa puskesmas yang kita usulkan melalui dana pusat pembangunannya, seperti Puskesmas di Bagansiapiapi, Puskesmas Boultrem, Puskesmas Panipahan. Kalau Puskesmas yang di Balam (boultrem, red) dibangun sejak masih Pemkab Bengkalis, jadi sudah lama sekali,” terangnya.

Meski demikian, baiknya bangunan layanan kesehatan harus sejalan dengan pemenuhan tenaga kesehatan yang kualifikasi, seperti tenaga kesehatan gizi, anestesi, dan nutrisi.

“Itulah kadang kesulitan kita, tenaga kesehatan anestesi, nutrisi biasanya tidak mau didaerah, karena keahlian mereka dibayar mahal. Kalau didaerah bayarnya sesuai jenjang pendidikan. Begitu juga bagian fisioterafi harus lengkap alat dan dokter spesialisnya baru bisa jalan,” tutup mantan Asisten IV Bidang Administrasi Setdakab rohil itu.Penulis : jum/auz

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Anggaran Minim, Diskes Prioritas Kegiatan Non Fisik"