Alang Daud Dari Siak Raih Juara Pertama Festival Teater Se-Riau

 

52protagonis-pentas

Pekanbaru.Riau.Ojenews.com.
Kabupaten Siak berhasil meraih pementasan teater terbaik pada Festival Teater Remaja 2016 Se-Provinsi Riau.  Festival yang berakhir, pada Sabtu (28/8) lalu itu, diikuti oleh 12 kabupaten/kota se-Riau.

Dari lima kategori dalam penilaian, Siak berhasil memboyong tiga juara pertama yakni aktor terbaik (pemeran pria) atas nama Miun, atris  terbaik (pemeran wanita) yang berperan sebagai emak dan penyajian teater ternaik dengan judul “Alang Daud”. Sedangkan dua kategori lainya yakni sutradara terbaik atas nama Zulkifli dari Kampar dan tata artistik terbaik direbut Bengkalis dalam judul ” Keris Berjaya” seperti berita yang dimuat Seriau.com.

Dewan Juri Hang Kafrawi mengatakan masih ada beberapa kelemahan yang harus diperhatikan dalam sebuah pementasan teater terutama pemilihan naskah yang baik. Naskah banyak mempengaruhi apa yang ingin disampaikan pada saat dipanggung. Naskah ini harus betul bisa menyampaikan isi pesan yang disampai pada pertunjukan teater. Naskah juga harus didukung oleh tata artistik baik pencahayaan dan musik. Tidak hanya tata artistik, aktor dan artis juga menjadi bagian sangat penting dalam sebuah pementasan teater,” kata Hang Kafrawi

Dewan Juri lainnya Catur Wibowo juga mengatakan hal yang sama, seorang aktor dan artis merupakan nyawa dalam pertunjukan teater. Keberhasilan pertunjukan ini sangat tergantung dari penampilan aktor dan atrisnya. Agar aktor tampil baik perlu memperhatikan bahasa tubuh, pengucapan kata dan lain sebagainya.” Jadi jangan salah penilaian sebuah teater aktor dan artis selalu menjadi penilaian juri yang utama,” kata Catur yang juga dosen seni perguruan tinggi di Yokyakarta.

Sementara Kepala UPT Museum dan Taman Budaya Disdikbud Riau Sri Mekka  mengatakan, festival teater remaja keempat kali ini diikuti 12 grup teater dari 12 kabupaten/kota di Riau.Pemenang lomba festival teater remaja 2016 ini akan mewakili Riau dilomba teater tingkat nasional tahun depan. Untuk juara pertama, pemenang mendapat hadiah uang pembinaan sebesar Rp 8 juta, juara kedua Rp 7 juta dan juara ketiga meraih uang pembinaan Rp 5 juta. (zal/dy).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Alang Daud Dari Siak Raih Juara Pertama Festival Teater Se-Riau"