Akhir Tahun Ini, Lion Club Gelar Operasi Katarak Gratis untuk 200 Pasien

              Operasi katarak

Ojenews.com.Rohil.Riau.

Bagansiapiapi-Lion Club kembali menjadwalkan Operasi Katarak gratis kepada 200 pasien pada 1-3 Desember 2017 yang nantinya akan dilaksanakan di RSUD dr. RM Pratomo Bagansiapiapi, Rohil.

“Bakti sosial operasi katarak ini merupakan kegiatan yang keempat kalinya dilaksanakan. Semua pasien kita operasi secara gratis tanpa ada pungutan. Pasien cukup datang ke RSUD Pratomo Bagansiapiapi pada jadwal yang telah ditentukan,” ujar Koordinator kegiatan Siswadja Muljadi, Kamis (2/11/2017).

Ia mengatakan, Operasi Katarak gratis tersebut bekerja sama dengan Lion Club Baganbatu Bintang Mulia, Lion Club Medan Fortune, Lion Club Rantau Prapat Mitra, Pusat Pelayanan Masyarakat Lion Indonesia (PPMLI) Medan dan Kepolisian Resor (Polres) Rokan Hilir (Rohil), dibawah Lion Club Medan Distrik 307 A2.

Sebelum dilakukan operasi, sebutnya terlebih dahulu dilakukan penjaringan para pasien melalui perwakilan panitia yang ada di 13 kepenghuluan, mulai dari Baganbatu hingga terakhir di Kubu.

“Mengenai kegiatan ini juga sudah disampaikan ke Dinas Kesehatan setempat yang kemudian diteruskan ke seluruh puskesmas yang ada di Rohil,” jelas Siswadja, yang juga Anggota DPRD Provinsi Riau daerah pemilihan (Dapil) Rohil itu.

Yang tidak kalah pentingnya lagi, lanjutnya, para Babinkamtibmas Polres Rohil turut ikut aktif menjaring atau mencari sebanyak lima pasien setiap Babinkamtibmas.

“Jadi total pasien yang akan mengikuti pemeriksaan di Puskesmas terjadwal bisa mencapai 500 pasien. Pemeriksaan awal akan dimulai tanggal 18 November di Puskesmas Baganbatu sampai 24 November 2017 di Puskesmas Kubu,” kata Siswadja yang akrab disapa Aseng itu.

Untuk pemeriksaan nantinya berupa tensi darah dan gula darah. Menurutnya hal itu bertujuan agar pada saat operasi kondisi pasien benar-benar mendukung untuk dilakukan operasi. Selain itu juga untuk memastikan bahwa pasien yang mengalami gangguan mata adalah benar katarak bukan glukoma atau gangguan mata lainnya.

“Kami berharap dengan kegiatan ini pasien katarak dapat melihat kembali dan bisa melakukan aktivitas secara mandiri tanpa harus di tuntun oleh keluarga pasien,”harapnya.

Dia selaku Presiden Lion Club Baganbatu Bintang Mulia juga tidak membatasi dari 200 pasien yang ditargetkan bila ada penambahan. “Kalau ternyata pasien melebihi target panitia, maka akan di maksimalkan mencapai 250-300 orang,” demikian Siswadja Muljadi. Penulis : jum.

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Akhir Tahun Ini, Lion Club Gelar Operasi Katarak Gratis untuk 200 Pasien"