242 Sapi Ditargetkan Bunting Melalui Inseminasi Buatan

el-syabrina

Kadistanak Kota Pekanbaru, El- Syabrina

Ojenews.com, Pekanbaru, Riau – Sebanyak 242 sapi ditargetkan bunting pada tahun ini melalui jalur inseminai buatan. Program sapi bunting tersebut dilakukan di Tenayan Raya oleh Dinas Pertanian Kota Pekanbaru.

Kaditanak Pekanbaru, El-Syabrina mengatakan, Inseminasi Buatan bertujuan untuk mendukung Program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWAB) yang diluncurkan oleh Presiden Jokowi.

“Guna mencapai Swasembada Daging tahun 2025 mendatang, operasional IB SIWAB dilaksanakan di Kecamatan Tenayan Raya,” ungkapnya.

Untuk program UPSUS SIWAB seluruh Indonesia ditargetkan sekitar 56.234 ekor. Sedangkan untuk Pekanbaru sendiri, tahun ini ditargetkan sebanyak 242 ekor sapi bunting.

“Jadi untuk perdana saat ini ada sekitar 153 ekor sapi di seminisasi atau kawin alami,” jelasnya.

Dikatakannya, kegiatan tersebut bukan hanya dilaksanakan di Pekanbaru. Namun akan dilakukan serentak di seluruh kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Riau.

Distanak terlebih dahulu melakukan periksaan terlebih dahulu terhadap sapi-sapi betina milik para petani yang ada di Tenayan Raya. Jika belum bunting, maka akan diberikan seminisasi.

“Setelah itu, akan dicatat, jika belum juga bunting. Maka akan diberikan lagi. Pemberian seminisasi ini gratis dan tidak dipungut biaya,” tegasnya. (AA)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "242 Sapi Ditargetkan Bunting Melalui Inseminasi Buatan"