2018 Pemkab Rohil Bangun TPA

Tidak ada komentar 179 views

Ojenews.com.Rohil.Riau.

Negeri Seribu Kubah-Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Kota Bagansiapiapi akan dibagun pada Tahun 2018 dengan menggunakan anggaran APBN. Untuk pembangunan tahap awal akan dianggarkan sebesar 55 milyar rupiah diatas lahan 1,5 hektar di Kepenghuluan Labuhan Tangga Besar Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir.

“Kita sudah siapkan pembebasan lahan dan DED (Detail Enginering Desain) nya sudah dibahas di Propinsi Riau. Saat ini sedang pengerjaan jalan masuk oleh dinas PUTR Rohil,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan, Suwandi S.Sos saat dikonfirmasi, Jumat (24/11/2017).

Lokasi tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Bagansiapiapi yang saat ini berada di Batu Empat, menurut Suwandi sudah tidak layak lagi menampung semua sampah yang masuk setiap harinya. Selain itu, lokasi TPA sampah yang ada saat ini berada ditengah kawasan perkantoran.

“Lokasi TPA sampah Bagansiapiapi di batu empat, saat ini sudah tidak layak lagi karena berada di kawasan perkantoran dan lokasi tersebut nantinya akan di bangun lapas Bagansiapiapi oleh Kemenkumham,” Ungkap Suwandi.

Dijelaskan Suwandi, program pembangunan TPA sampah yang akan dibangun di daerah Kepenghuluan Labuhan Tangga Besar berbentuk kolam terbuat dari beton dengan kedalaman 10 meter, tinggi tembok 5 meter diatas lahan 3 hektar dan peralatan komplit akan menelan biaya sebesar 113 milyar.

“Anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan TPA secara komplit yang telah diprogramkan sebesar 113 miliar, dan programnya sudah masuk di Kementerian PU melalui Dirjen PPLP,” jelasnya.

Untuk persiapan pembangunan TPA, dikatakannya saat ini dinas PUTR Rohil sudah melakukan pembangunan jalan masuk sepanjang enam kilo meter dengan pembangunan tahap awal sepanjang 2 kilo meter dan tahun ini dibangun sepanjang 4 kilo meter.

“Harapan kita dengan sudah adanya jalan masuk, program pembangunan TPA sampah Tahun 2018 dapat terealisasi secepatnya,” Harap Suwandi. (jum)

 

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "2018 Pemkab Rohil Bangun TPA"