150 PKL Dipindahkan di Simpang Pedamaran

Tidak ada komentar 79 views

Ilustrasi

Ojenews.com.Rohil.Riau.

Negeri Seribu Kubah-Pelaksana tugas (Plt) Bupati Rokan Hilir (Rohil), Drs H Jamiluddin sudah beberapa kali melihat bangunan pasar di Simpang Pedamaran, jalan lintas Bagansiapiapi – Ujung Tanjung dan jalan ke Jembatan Pedamaran, tepatnya di depan simpang tugu selamat datang. Kali ini Plt Bupati juga datang melihat dan meninjau bangunan pasar yang telah dibangun tersebut.

Dia melihat keadaan los pasar dan kios pasar bersama Kakan Satpol PP dan Linmas Rohil, Suryadi SE dan Plt Kasubag protokol, Romi Syahputra S.Ap dan Datuk Penghulu Labuhan Tangga Besar, Hasanuddin, Selasa (24/4/2018).

“Kita fungsikan bangunan yang sudah dibangun. Kebetulan pasar yang lama tersebut sudah padat tidak dapat menampung para pedagang sehingga menghambat lalu lintas pengguna jalan raya. Oleh sebab itu kepala desa bersama masyarakat berembuk dan sepakat agar pedagang pasar yang lama dipindahkan ke bangunan pasar yang baru ini,” kata Jamiluddin.

Dia menjelaskan, dengan demikian maka pedagang tersebut akan menjadi tertib berjualan dan menjaga kebersihan pasar agar senantiasa selalu bersih, sehingga tidak ada lagi para pedagang berjualan di sembarangan tempat di lokasi pasar.

“Pada prinsipnya pemerintah menghimbau kepada masyarakat, apapun persoalannya, pada intinya untuk kebaikan desa, masyarakat dan Bumdesnya,” ujar Jamiludin.

Direncanakan olehnya agar Bumdes dapat diberdayakan untuk menangani pasar di desa. Karena berdasarkan kunjungannya di sejumlah desa di daerah Jawa, kebanyakan Bumdes mengelola pasar desanya. “Oleh sebab itu kami belajar Bumdes merupakan salah satu ujung tombak kepala desa untuk membuka lapangan pekerjaan di desa,” tuturnya.

Bumdes diberdayakan sebutnya agar dapat juga mengelola di bidang kepariwisataan desa sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat desanya. Seperti di Desa Labuhan Tangga besar ini bisa di Danau Buatan, jembatan Pedamaran dan tempat objek wisata desa lainnya.
“Direncanakan pada hari Minggu 06 Mei 2018 mendatang akan diresmikan penggunaan Pasar Labuhan Tangga besar ini,” jelas Mantan Wakil Ketua DPRD Rohil tersebut.

Sementara itu, Datuk Penghulu Labuhan Tangga Besar, Hasanuddin menegaskan bahwa sekitar lebih kurang 150 pedagang di pasar lama akan diarahkan untuk berdagang di pasar yang baru ini. Sementara ruangan yang ada secara permanen di pasar baru sekitar 72 ruangan sedangkan lainnya nanti akan ditempatkan di los pasar lainnya.

“Diutamakan pedagang yang lama dipindahkan kesini, pada dasarnya cukup untuk semua para pedagang pasar lama untuk berdagang di pasar yang baru ini,”kata Hasanuddin.

Oleh sebab itu, agar semua kios dan para pedagang dapat menempati kios akan diatur kemudian sehingga semua para pedagang mendapatkan tempat untuk berjualan. Penulis : Jum.

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "150 PKL Dipindahkan di Simpang Pedamaran"