Ketua LAMR Kuansing Geram Perambahan Hutlin Bukit Betabuh Terus Terjadi

Ojenews,com Kuansing Riau.
Bosatu Nogori Maju-Terkait Pembalakan Liar yang terus terjadi dikawasan Hutan Lindung Bukit Betabuh Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Provinsi Riau, telah membuat Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) geram dan memintak pembalakan tersebut segera di hentikan.

“Jika dalam waktu dekat ini barang bukti seperti Excavator, truk dan kayu yang ada di lokasi pembalakan liar sampai saat ini masih ada, maka akan dilakukan tindakan tegas kalau perlu barang bukti tersebut akan dimusnahkan,”sebut Ketua MKA LAMR Kuansing Pebri Mahmud.

Menyikapi perihal tersebut, Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kuansing Erwin Kesuma menyambut baik atas statmen ketua MKA LAMR Pebri Mahmud, dan dirinya sangat mendukung untuk menindak tegas pelaku pembalakan liar tersebut.

Sebagai salah seorang panitia pembentukan Kabupaten Kuantan Singingi tahun 1999 Erwin Kesuma mengaku dinya tidak akan membiarkan hutan yang ada di Kuansing akan menjadi porak poranda akibat pembalakan liar tersebut.

“Sebagai salah seorang panitia pembentukan Kabupaten Kuansing utusan Singingi tentu saja tidak rela ada tanggan yang tidak bertanggung jawab memporak perandakan hutan Kuansing ini,”tegas Erwin.

Selanjutnya Erwin menyampaikan dengan tegas tentang pembalakan liar yang sedang terjadi agar segerah di hentikan, dan menindak semua yang terlibat di dalamnya, namun hal tersebut tidak bisa dilakukan oleh Dinas Kehutanan saja, tentunya harus ada tim gabungan yang akan mengeksekusi kasus tersebut.

Menurut Erwin lagi, bahwa pembalakan liar yang berada di wilayah hutan lindung Bukit Batabuh itu telah di laporkan kepada Kadis Kehutanan Provinsi Riau dan dalam waktu dekat Dinas Kehutanan Provinsi Riau akan membentuk Tim Gabungan.

“Tim gabungan tersebut hendaknya terdiri dari Polisi kehutanan, TNI, POLRI yang berasal dua wilayah yaitu Polda Sumatra Barat dan Polda Riau , Kajari serta tokoh adat dan masyarakat bersatu untuk mengusut tuntas kasus pembalakan liar itu, jika hal tersebut tidak dilakukan maka sulit untuk mencapai seperti apa yang diharapkan tersebut,”kata Erwin.

Terakhir Erwin Berharap kepada Kapolda Riau Irjen. Pol.Drs Widodo Eko Prihastopo ,M.M agar mengirmkan tim untuk meninjau langsung ke lokasi pembalakan liar tersebut, sehingga wilayah Hutan Lindung Bukit Batabuh benar benar terlindungi dari tangan tangan yang tidak bertanggung jawab,”tutup Erwin.(Neneng)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Ketua LAMR Kuansing Geram Perambahan Hutlin Bukit Betabuh Terus Terjadi"