1000 Nangka Mini Asal Pasir Pengaraian Ditanam Di 3 Desa

Ojenews.com.Rohul.Riau-Anggota DPRD kabupaten Rokan Hulu, Mukhsin, S.Pi perkenalkan Nangka Mini asli Pasir Pengaraian kepada masyarakat, melalui gerakan menanam 1000 pohon nangka mini di 3 desa, Pekan Tebih, Kepenuhan Hulu dan Desa Kepayang. Penanaman perdana dilakukan di SMP N 1 Kepenuhan Hulu. Senin, 21 Agustus 2017.
Usai melaksanakan reses di desa Kepenuhan Hulu, anggota DPRD kabupaten Rokan Hulu, Mukhsin, S.Pi bersama Camat Kepenuhan Hulu Abrar, kepala SMP N 1 Kepenuhan Hulu dan sejumlah kepala desa, melakukan penanaman nangka mini di lingkungan SMP N 1 Kepenuhan Hulu, nangka mini yang ditanam tersebut merupakan nangka mini varietas Pasir Pengaraian, yang dapat menghasilkan buah dalam jangka waktu 18 bulan.
Menurut Mukhsin, dirinya mengenal nangka mini varietas Pasir Pengaraian ini sejak tahun 1993, ketika masih menjalani pendidikan pertanian. kemudian, sejak februari 2017 lalu, bersama sejumlah PPL Kepenuhan Hulu, Mukhsin dan kawan-kawan memprakarsai pengembangan nangka mini, dari 1 pohon induk yang sudah diteliti keasliannya, dikembangkan menjadi 3000 batang bibit nangka mini.
Kemudian nangka mini asli pasir pengaraian yang di kembangkan di kepenuhan hulu ini dibagikan kepada masyarakat secara gratis, sebagai upaya pengenalan nangka mini kepada masyarakat.
Nangka mini asli pasir pengaraian in, pertama kali ditanam oleh bupati rokan hulu sebanyak 100 batang di kawasan rumahnya pada tanggal 17 agustus 2017 usai upacara peringatan hut ri ke 72. Yang mana saat itu, dicanangkan gerakan menanam 1 juta nangka mini di rokan hulu. dan minggu siang, di kepenuhan hulu dilaksanakan pula gerakan menanam 1000 nangka mini. diharapkan, nangka mini asli rokan hulu nantinya menjadi eco daerah.
“Kita budayakan penanaman bibit nangka mini ini melalui gerakan menanam seribu pohon, semoga kedepannya nangka ini tumbuh dan berkembang dengam baik. Dan bisa menjadi salah satu sumber pendapatan atau sumber ekonomi masyarakat Rohul” tandas Mukhsin, S.Pi, anggota DPRD Rohul. (ina)
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "1000 Nangka Mini Asal Pasir Pengaraian Ditanam Di 3 Desa"